Pengertian DFD (Data Flow Diagram) atau DAD (Diagram Arus Data)

Anda pasti sering mendengar tentang DFD atau DAD. DFD (Data Flow Diagram) merupakan suatu cara atau metode untuk membuat rancangn sebuah sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak pada sebuah sistem nantinya.. Dalam pembuatan Sistem Informasi, DFD sering digunakan. DFD dibuat oleh para analis untuk untuk membuat sebuah sistem yang baik. Dimana DFD ini nantinya diberikan kepada para programmer untuk melakukan proses coding. Dimana para programmer melakukan sebuah coding sesuai dengan DFD yang dibuat oleh para analis sebelumnya. Tools yang digunakan pada pembuatan DFD (Data Flow Diagram) yaitu EasyCase, Power Designer 6.

Salah satu cara lain untuk mendesain sistem yaitu menggunakan UML(Unified Manual Language). Tapi itu akan saya bahas pada postingan lain.

Komponen DFD (Data Flow Diagram):
  1. User / Terminator, Kesatuan diluar sistem (external entity) yang memberikan input ke sistem atau menerima output dari sistem berupa orang, organisasi, atau sistem lain.
  2. Process, Aktivitas yang mengolah input menjadi output.
  3. Data Flow, Aliran data pada sistem (antar proses, antara terminator & proses, serta antara proses & data store).
  4. Data Store, Penyimpanan data pada database, biasanya berupa tabel.
Pada pembuatannya, DFD terdiri Level 0 atau Level Konteks (Konteks Diagram) dan Level ke-n. Selama DFD bisa dijelaskan lebih detail, maka semakin banyak level yang dibuat. Jadi, DFD level 0 atau Level Konteks terdiri dari 1 proses, sejumlah terminator dan data flow input/output, tanpa Data Store. Jumlah terminator dan data flow dari atau ke terminator di semua level DFD sama. Semua proses memiliki data flow input maupun output. DataStore terletak di semua level DFD, kecual DFD Leel 0.

Berikut tadi penjelasan singkat mengenai Pengertian DFD (Data Flow Diagram). Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat..
Opinion:

3 comments:

shark mengatakan...

gan , penjelasan DAD nya mana???

Satrio Dwi Marthdanic mengatakan...

kan namanya juga penjelasan singkat

Obat Herbal Penyakit Nyeri Ulu Hati mengatakan...

pengen lengkap nih,,masih bingung DFD level 0, 1 dan 2..:'(

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews