Penempatan yang telah direncanakan

Hi all, dah lama saya ga posting lagi cerita di blogger, mumpung ada waktu luang saya mau sedikit sharing

Ojt adalah masa2 indah terakhir di cimahi yang bisa saya rasakan. Waktu terasa begitu cepat dari 2 februari 2015 sampe dengan 30 november 2015 saya tenang2 aja sampai kemudian di sikka ada pengumuman penempatan kita. Waktu itu sempet bercanda sama temen ngedit halaman sikka sama inspect elemennya mozilla tentang pengumuman penempatan. Bener2 bikin degdegan. Nah, pas mau keluarnya pengumuman penempatan kita yg d1, website sikka sempet ga bisa dibuka. Aku masih tenang2 aja sampe akhirnya website tersebut bisa dibuka. Pas aku coba login dan liat pengumuman, waduh ada pengumuman penempatan cpns d1. Jadi makin degdegan. Langsung aku printscreen pengumuman itu terus kirim ke grup ojt kita. Mereka masih ga percaya sampe akhirnya buka web kepegawaian. Dengan penuh harap didonlotlah pengumumannya sama temen ojt di sebelah saya. Deg2an pisan. Dibukalah pengumuman itu. Liat dari anak d1 jakarta penempatan jakarta, liat d1 makassar penempatan makassar, dan terakhir liat penempatan d1 cimahi dari temen2ku dulu, temenku yg satu di tangerang timur, temenku satunya di tigaraksa, eh makin deg2an lah saya karena tmtnya 7 desember 2016 dan itu cuma beda 1 minggu dari pengumuman itu. Saya search nama saya dan ternyata penempatan di Serpong. Bener2 di luar dugaan kita yg merasa bakalan ditempatin di Jabar 1. Langsung deh kita semua pulang malem mikirin penempatan itu, temenku yg di makassar langsung beli tiket pesawat. Bener2 ga ada isu penempatan di tanggal 1 Desember 2015 itu. Pas pulang langsung bilang ke papah mamah adek kakak kalo waktu kita bareng2 cuma seminggu lagi. Seminggu itu bener2 ga bisa fokus kerja. Kepikiran terus penempatan di luar kota itu. Searching kosan, tempat wisata, pokonya dah ga fokus kerja.

Hari perpisahan tiba di hari jumat, abis senam pagi kita, makan2 bareng di KPP Pratama Cimahi, sambil ngasih pesan kesan selama ojt di KPP Pratama Cimahi, bener2 ngerasa kita dianggep di sini. Dikasih hadiah banyak pula, batik khusus buat anak d1, batik dari pemeriksaan, sama uang buat kita, jumlahnya lumayan besar dan itulah kehendak Tuhan saya dapet 2 kali lipat karna dikasih juga dari fungsional pemeriksa di mana saya ojt awal dan akhir di situ. Puji Tuhan cukup buat biaya hidup di Serpong sampe dapet tunjangan dari kantor bulan April 2016, karna pas penempatan kita selama desember sampe maret masih menggunakan uang tunggu.

Pertama kalinya saya ngekos di luar kota dari semenjak lahir sampe dengan ojt di Cimahi adalah di Serpong. Saya berangkat pagi2 hari Sabtu tanggal 5 Desember 2015. Saat itu, saya pamit sama ibu saya, adek2 saya dan kaka saya. Ibu dan adek saya tak kuasa menahan air mata melihat saya berangkat pergi dari mereka. Saya juga jd ikut nangis, ga bisa nahan tangis liat mereka nangis. Bener2 kerasa banget deh waktu itu. Nah, waktu itu saya dianter ayah saya naek baraya sampelah ke taman jajan. Makan siang di sana terus lanjut liat kantor baru saya. Kebetulan ada 7 orang d1 yang semuanya berasal dari bdk cimahi. Puji Tuhan, setidaknya kita ada kenalan dulu.

Masuklah kita hari pertama di kantor baru, waktu itu saya bertiga sarapan dulu di depan kantor dan masuk kantor agak telat, ternyata temen laen udah nungguin di bagian umum. Katanya sih kakapnya agak ngambek kita agak telat soalnya. Tapi pas ketemu kakapnya sih keliatan friendly. Syukurlah.

Hari pertama kita nunggu agak lama buat ditempatin di seksi mana, kebetulan saat itu ditanya siapa yg mau jadi oc. Wah kesempatan nih, sayang sekolah 4 tahun di stm kalo ga dipake ilmunya. Saya mengajukan diri dan dapatlah saya tempat di pdi. Di situ pegawainya udah senior semua kecuali 1 oc seniornya masih 30 tahunan lah. Temen pertama di kpp serpong itu dia. Waduh susah juga sih untuk berasaptasi dengan lingkungan pegawai yg udah senior2 saya masih takut2 salah ngomong. Saya waktu itu masih bingung mau ngapain, soalnya oc itu kerjaannya ga hanya soal hardware & jaringan yg diajarin di stm dan banyak juga materi yg saya udah lupa. Saya masih belum begitu bisa beradaptasi waktu itu. Nah akhir desember ada pengumuman ojt baru anak2 d1, saya coba cek di serpong dapet 3 anak baru, saya liat namanya 2 orang tsb ternyata kristen sama kaya saya. Wah bisa saya jadiin temen ini anak2 baru.

Suatu siang, saya makan bareng 2 anak ojt yg laki2 yg sedang makan bareng, saya ajak ngobrol sama bercanda, eh tiba2 datenglah 1 anak ojt cewe duduk di sebelah kita. Akhirnya kita ngobrol2 dan minta nomer2 hp mereka. Yah, lumayan dapet temen2 baru yg enak diajak bicara.

Jujur aja, saya ngajak anak ojt cewe itu ke gereja bareng karena saya tanyain dia udah ke gereja ato belum, awalnya sungkan2 ga enakan sayanya, emang dasarnya gitu kalo jalab sama cewe da belum pernah sekalipun punya cewe dari kecil. Nah semenjak itu, kita sering ke gereja bareng, makan siang bareng, bahkan pernah digosip2in sama orang umum sama pelayanan dikit2 dicieciein, tapi saya masih merasa belum waktunya, pernah dulu saya bawa dalam doa dan dijawab oleh Tuhan kalo belum saatnya saya dekat dengan cewe itu. Stop dulu cerita tentang ini, saya lanjutin pas waktu yang tepat.

Bulan januari ada juga pengumuman penempatan anak2 umum d3 sama s1, ternyata kita dapet lagi 2 orang kristen. Puji Tuhan ada yg seiman lagi masuk kantor kita. Jujur saya lebih bisa nyambung kalo ngobrol dengan yg seiman.

Bener2 deh Tuhan udah siapin semua yang terbaik buatku. Temen2 di kantor, di GKBI Tangsel, setidaknya jadi ada kenalan baru.

Udah hampir 1 tahun di Serpong, banyak pengalaman manis di sini. Meskipun harus berpisah dengan keluarga di cimahi, tapi Tuhan kasih orang2 baru yg mengisi hidupku supaya tidak kesepian.
Thank's God.

Segini dulu postingan kali ini, intinya tetep bersyukur karna Tuhan berikan yg terbaik buat kita

Rencana Tuhan itu Indah

Rencana Tuhan itu indah kawan!!! Dia memberikan segala kebutuhan kita, Dia tau apa yang kita butuhkan, walaupun itu bukan keinginan kita, tetapi Dia tau apa yang terbaik bagi kita. Begitupun dengan saya pada waktu dipertemukan dengan 2 pilihan. SMAN 2 Cimahi atau SMKN 1 Cimahi?
     Terlintas dalam benak saya, apa yang bisa saya dapat dari belajar di SMK? Bagaimana masa depan saya ketika saya harus memilih SMK? Apakah saya bisa melanjutkan studi ke jenjang kuliahkah? Jujur, saya dulu tidak ada keinginan untuk masuk ke SMKN 1 Cimahi, mau jadi apa saya? karyawankah? bawahankah? Tapi karena Tuhan menggerakkan ayah saya untuk mendaftarkan saya di SMKN 1 Cimahi, akhirnya saya menjadi salah satu siswa di sana, di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
     Banyak perjuangan yang harus saya hadapi. Dimulai dari kelas 1 SMK, saya banyak mengalami kesulitan, apalagi waktu itu komputer yang saya miliki tidak mampu digunakan sebagai media pembelajaran sesuai dengan jurusan TKJ. Komputer pentium 3! Untuk apa komputer dengan spesifikasi rendahan seperti itu? Tidak bisa digunakan apa apa untuk menunjang pembelajaran di TKJ. Untuk itu, saya harus pergi ke rumah teman saya sehingga merepotkannya, ya mau gimana lagi? Memang begitu adanya, untung teman saya memiliki hati yang baik sehingga tidak segan2 membantu temannya yang sedang kesulitan.
     Selain media, saya pun memang tidak mahir dalam jurusan TKJ. Buktinya, siswa yang paling banyak remedial saat mengetik 10 jari, SAYA! Bukan mau menyombongkan diri, tapi saya sudah ikut remedial mengetik hampir 5-6 kali, sedangkan teman2 saya banyak yang remedial paling cuma 1-2 kali bahkan ada yang langsung lulus tanpa remedial. Selain itu, ketika tes perakitan akhir memang hampir semua tidak lulus merakit PC cuma satu orang yang lulus, tapi bukan saya karena saya pun gagal bersama teman2 yang lain -_-. Ya mau gimana lagi? Yang saya pikirkan, "Pokoknya kalo udah masuk harus bisa keluar dengan membawa ijazah!!!". Ya... Saya tetap harus berjuang sampai titik darah penghabisan.
     Bedanya di SMKN 1 Cimahi dengan sekolah lain itu, saya harus mengalami yang namanya 4 tahun belajar. Bukan tidak naik kelas, tapi 1 tahun itu untuk Prakerin(Praktek kerja industri) minimal 4 bulan di kelas 4. Saya mendaftar beberapa perusahaan ternama seperti PT Nutrifood. Waktu dites tahap awal/tes psikotes saya lolos dan melanjutkan ke tes wawancara. Saking gugupnya gagal deh saya untuk Prakerin di sana. Ya udah deh gapapa cuma prakerin ini. Ada juga satu perusahaan yang menggunakan tes wawancara untuk masuk ke sana yaitu Otics. Sama dengan yang ini, saya pun tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, gagal lagi deh. Rencana saya untuk PKL di luar kota sirna sudah, karena saya sudah terlanjur mendaftar ke CV. Qiza yang berada di Jl. Encep Kartawiriya, sekitar 4 KM dari SMKN 1 Cimahi. Deket pisan ya... ya udah mungkin ini yang terbaik.
     Tapi dari situlah, Rencana Tuhan itu indah. Karena dekat, saya mudah untuk minta tanda tangan buat laporan, saya mudah untuk belajar mempersiapkan diri untuk mendaftar kuliah. Walaupun gagal di SNMPTN dan SBMPTN, tetapi semakin nyata kuasa Tuhan untuk saya bisa kuliah di STAN. Pertanda-pertanda saya bisa kuliah di STAN:
-Pertama, saya masuk SMKN 1 Cimahi, sekolah dengan program sekolah 4 tahun, soalnya tahun 2012, tidak ada pendaftaran untuk kuliah di STAN
-Kedua, di SMK tidak begitu mendalami soal2 untuk persiapan SBMPTN walaupun bisa disiasati dengan mengikuti kegiatan les, tetapi saya tetap tidak mengerti soal2 yang dipelajari sehingga saya digagalkan untuk masuk ke PTN
-Ketiga, entah mengapa saya lebih suka belajar TPA, dibandingkan dengan soal2 lain untuk persiapan SBMPTN, dan benar saja soal2 yang diteskan di USM STAN yaitu soal2 TPA dan Bahasa Inggris
-Keempat, Bahasa Inggris? Sulit menurut sedikit orang, termasuk saya. Namun pada saat tes USM STAN, saya merasa dimudahkan, itulah kuasa Tuhan terjadi atas diri saya
-Kelima, saya lebih menyukai matematika sejak SD, tidak banyak orang menyukai pelajaran tersebut, tetapi saya menyukainya. Begitupun dengan pelajaran di STAN, kebanyakannya menghitung.
-Keenam, kondisi ekonomi keluarga saya banyak pengeluaran, dimulai dari adik saya yang masuk TK(biaya daftar ulang yang cukup besar, DU = +- 1,5 jt, SPP 50rb), adik saya yang masuk SMA(biaya yang dibilang besar DU = +- 7jt, SPP 250rb), kondisi ini mengikis harapan saya untuk kuliah dengan biaya yang lebih besar lagi, sebenarnya bisa disiasati dengan beasiswa, tapi saya berpikir masih banyak orang yang lebih membutuhkan beasiswa dibanding saya, jadi saya males untuk mengurus beasiswa itu, dan kebetulan kuliah di STAN itu gratis, paling juga biaya untuk jas almamater semuanya ga nyampe 1 juta.
-Ketujuh, saya diterima di STAN Prodip 1 Pajak Cimahi, Puji Tuhan. Tuhan tau kebutuhan saya, Dia tau kalo kondisi keuangan yang tidak memungkinkan untuk saya hidup di Bintaro (Kampus STAN Ali Wardhana), sehingga Dia hanya meluluskan saya di STAN Cimahi, sungguh luar biasa kuasaNya.

     Masih banyak lagi sebenarnya, apa yang menjadi pertanda saya bisa kuliah di STAN, bukan maksud saya menyombongkan diri, tetapi saya ingin menunjukkan bahwa Tuhan memberi yang terbaik buat saya sesuai dengan kebutuhan walaupun tidak sesuai dengan keinginan saya. Coba bayangkan apabila saya masuk SMAN 2 Cimahi? Saya tidak akan kuliah di STAN. Ya, walaupun jalan sukses bukan cuma dari STAN, tapi sekali lagi saya tau bahwa STAN adalah tempat terbaik yang ingin Tuhan berikan pada saya bukan karena saya bisa, bukan karena saya sanggup untuk masuk STAN, semuanya cuma karena kemurahan Tuhan dan rencana Tuhan yang sungguh dahsyat. Terima Kasih Tuhan, Engkau beri yang terbaik buat diriku.



Perjalanan Hidupku

     Maaf buat temen2 semua, udah lama nih saya ga buat postingan lagi... Lagi banyak urusan nih, belajar buat masuk kuliah walaupun dari SMK. Tak ada yang mudah dalam hidup ini, banyak ujian, banyak tantangan, salah satunya yang ingin saya ceritakan buat pembaca setia blog saya ini. Oke saya akan memulai berbagi sedikit pengamalan saya yang menurut saya kisah hidup yang terindah buat diri saya.
     Dimulai dari perjalanan saya dari jenjang SD ke SMP. Waktu itu, saya disekolahkan seperti kakak saya yaitu di SD katolik di Baros, kakak saya SD Santo Yusuf, sedangkan saya SD Santa Maria. Saya sangat bersyukur saya bisa sekolah di sana karena sekolah itu cukup disiplin. Tadinya saya berpikir setelah lulus SD saya dapat melanjutkan sekolah di SMP yang satu yayasan dengan sekolah SD saya (SMP Santo Mikael). Tetapi Tuhan berencana lain dalam hidupku, Ia tidak mengizinkan saya sekolah di situ karena keadaan keuangan keluarga saya yang tidak cukup untuk saya bisa sekolah di situ. Saya ingat saya mengalami cukup kesulitan dalam menghadapi UN SD waktu itu, sehingga berbekal dengan NEM 22,57 saya mencoba untuk melanjutkan studi saya di SMP Negeri 3 Cimahi di pilihan pertama dan SMP Negeri 9 Cimahi di pilihan kedua. Sebenarnya saya sedikit iri dengan sahabat saya karena dia yang biasa dalam ulangan mendapatkan nilai di bawah saya dan rengking di kelas yang belum bisa menyaingi rengking saya mendapat NEM yang lebih tinggi dari saya yaitu 24,.. sehingga waktu itu, dia mendaftar di sekolah unggulan di Cimahi (SMP 1) yang waktu itu adalah sekolah yang saya impikan untuk bersekolah di sana. Satu hari sebelum pengumuman tentang kelulusan di SMP ada berita jika NEM minimal di SMPN 3 adalah 23. Waktu itu saya banyak ditegur oleh orang tua dan keluarga, dan yang bisa saya lakukan hanya menangis saya tidak ingin masuk SMP 9, saya hanya ingin masuk SMP 3. Akhirnya, saya hanya bisa berserah pada Tuhan dan keluarga saya pun menguatkanku. Yang saya ingat waktu itu orang tua saya berpesan "Sekolah di mana pun, yang penting sekolah". Sungguh, mereka masih peduli pada diri saya sehingga saya merasa saya tidak sendiri.
     Akhirnya, hari pengumuman masuk SMP Negeri pun datang. Saya datang ke sekolah lalu menemui guru wali kelas saya yang menjadi guru terfavorit saya sampai sekarang. Saya diberikan sebuah amplop yang berisi surat lulus atau tidaknya saya di sekolah SMP Negeri itu. Saya waktu itu malu membukanya di sana, namun guruku menyuruhku untuk segera membukanya di tempat waktu itu juga. Saya deg2an waktu itu, rasanya takut sekali jika ada tulisan saya tidak diterima, saya hanya bisa berdoa saja Tuhan berikan yang terbaik padaku sesuai dengan kehendakMu. Dan saya pun membuka amplop itu perlahan-lahan, kubuka surat di dalamnya dan mujizat pun terjadi. PUJI TUHAN, saya bisa diterima di SMP Negeri 3 Cimahi, yang waktu itu merupakan sekolah kedua terfavorit. Sungguh kuasa Tuhan Ada dan Nyata, kemurahanNya diberikanNya pada diriku.
     Selanjutnya, saya mulai bersekolah di sana. Waktu itu, saya ditempatkan di kelas 7F, kelas yang berada dekat sekali dengan Perlintasan Kereta Api, sehingga ketika kereta api lewat, kami sering melihat ke jendela (hehehe waktu itu masih kampungan). Berbeda dengan pemandangan di SD, di SMP banyak sekali teman saya yang beragama muslim. Tetapi masih ada beberapa teman saya yang saya dapatkan dan justru dari kelas 7F-lah saya mendapatkan teman yang paling setia berteman denganku. Pertama kali saya duduk dengan teman saya yang bernama Chandra, tetapi kemudian dia pindah ke belakang saya dan duduk dengan Gama. Sehingga saya duduk dengan Rafael, teman pertama saya yang beragama Kristen. Saya sangat dekat dengan Rafael, dia suka main ke rumah saya begitu juga dengan saya. Kami sering bermain bersama. Setelah itu, saya masuk ekskul Paskibra. Banyak yang saya dapatkan di kelas 1 karena waktu itu saya cukup rajin ikut ekskul itu. Di kelas, ada beberapa teman saya yang juga ikut ekskul Paskibra, dan yang paling dekat adalah dengan teman saya Agustinus dan Panji. Agus beragama Kristen, Panji beragama muslim, tapi kami tetap bermain bersama walaupun berbeda ajaran. Rumah Panji dekat dengan saya, di Pondok Cipta Mas sehingga saya sering datang ke rumahnya. Saya juga tidak melupakan Agus, saya lebih dekat dengan Agus, teman saya yang ayahnya tentara, sehingga saya sering main ke asrama TNI, rumahnya Agus. Saya juga tidak lupa dengan Fernando, teman Kristen saya yang lain. Dia orang yang pertama kali mengajak saya untuk bermain game di depan sekolah.
     Waktu kenaikan kelas pun datang, saya dapat rengking 4 waktu itu, sehingga rengking 1-4 di kelas 7F diterima di kelas unggulan. Puji Tuhan, saya bisa masuk ke kelas unggulan (8A). Berbeda dengan kelas 7F, di kelas 8A, laki2nya sangat sedikit cuma 6 orang ato 7 orang kalo ga salah, sedangkan perempuannya ada 30an orang. Saya hanya sedikit mendapat kelas di 8A, saya merasa sendiri. Ya, gapapalah saya masih bisa bermain dengan teman 7F saat istirahat. Waktu kelas 8, saya sering bermain game komputer dengan Fernando di depan sekolah. Sungguh, saya waktu itu hancur, nilai ulangan tidak sebesar waktu saya kelas 7F. Saya pun sering berbohong pada orang tua dengan alasan kerja kelompok, padahal bermain komputer bersama teman saya. Saya sungguh menyesal, apalagi ketika dapat nilai PKN 5, sehingga membuat saya harus remed dengan membeli buku, waktu itu saya dimarahi orang tua karena biasanya saya tidak pernah remed. Hingga pada saat semester 2 waktu itu, saya mendapat rengking 31 dari 40, batas akhir kelas unggulan untuk melanjutkan ke kelas 9 unggulan. Puji Tuhan, saya masih diperbolehkan berada di  kelas unggulan saat itu. Di kelas unggulan 9A, laki2nya bertambah menjadi 9 orang, sedangkan perempuannya ada 31 orang. Jumlah yang ganjil antara laki2 dan perempuannya, sehingga ada satu pasang laki dan perempuan yang duduk berbarengan. Waktu itu, saya duduk dengan laki2 di semester 1, Vito. Dia teman yang cukup baik walaupun mungkin tidak begitu cocok. Di semester 2, Vito pindah duduk dengan orang lain, dan saya pun duduk dengan perempuan, Indri. Waktu itu, saya merasa sedikit tersudut di kelas, sedikit teman laki2 yang mengajak ngobrol, saya lebih banyak dekat dengan perempuan waktu itu. Tapi gapapa, toh mereka sama2 manusia yang makan nasi.
     Sejak saat kelas 9, saya tobat, tidak mengulangi kegagalan saya di kelas 8. Saya mencoba untuk belajar lebih giat lagi dan melakukan puasa setengah hari setiap hari Jumat. Di kelas 9, saya mengikuti les GO yang membuat aktifitas saya semakin padat, sehingga membuat saya tidak bermain game di kelas 9. Saya ikut GO yang di Gatsu, di sana saya bertemu dengan teman2 alumni SD Santa Maria. Banyak yang berubah dengan mereka, saya pikir mereka masuk Geng yang menurut saya kurang baik dalam pergaulannya, sehingga saya kurang dekat dengan mereka. Setelah kurang lebih satu bulan belajar di sana. Dibangunlah cabang GO di Kerkof 1,5 KM dari rumah saya. GO itu lebih dekat dari Gatsu yang berjarak kurang lebih 4 KM, sehingga saya memutuskan untuk pindah tempat ke GO Kerkof. Di sana saya bertemu teman baru. Riza dan Elkandy. Kami sangat bersahabat dan saya merasa cocok dengan mereka. Walaupun di Kerkof gurunya masih ada yang kurang jelas mengajarnya, saya tetap have fun, karena ada mereka di dekat saya. Saya pun bertemu dengan tetangga saya dan saudaranya yang membuat saya bertahan di GO Kerkof.
     Tiba saatnya UN dilaksanakan. Saya bisa kerjakan soalnya lebih baik dibanding SD. Hanya saya kesulitan dengan IPA dan Inggris, sehingga waktu itu saya hanya dapat NEM 33,... Saya bersyukur karena waktu itu NEM itu tidak begitu saya perlukan karena saya telah lulus tes di SMKN 1 Cimahi dan SMAN 2 Cimahi. Kembali diberikan suatu pilihan yang membingungkan pada diri saya. Semuanya bagus, banyak saran untuk membuang pilihan ke SMKN 1 Cimahi. Namun, 1 hari sebelum tes wawancara di SMKN 1 Cimahi, ayah saya berubah pikiran untuk menyekolahkan saya di SMKN 1 Cimahi. Saya ga tau kenapa bisa berubah secepat itu, ayah saya berpikir SMKN 1 Cimahi dipersiapkan untuk kerja, sehingga apabila nanti saat saya lulus keadaan keuangan ayah saya kurang, saya bisa membantu dengan bekerja, namun apabila keadaan keuangan mencukupi, ayah saya menyarankan untuk kuliah. Ya sudah saya menurut saja apa kata orang tuaku. Waktu saya memilih SMKN 1 Cimahi, ada satu guru saya(almarhumah) yang mengingatkan saya untuk masuk SMA saja, karena SMA dipersiapkan untuk kuliah, tapi saya tidak bisa membantah perintah orang tua saja dan berharap saya masih bisa kuliah untuk menambah ilmu lagi.
     Akhirnya, saya sekolah di SMKN 1 Cimahi. Puji Tuhan, saya diterima di pilihan 1 TKJ dengan jumlah pesaing terbanyak waktu itu. Sebenarnya saya sedikit menyesal juga karena saya asal memilih jurusan, sebenarnya jika dilihat2, saya lebih menyukai RPL yang berada di pilihan 2 waktu itu. Ya sudah, Tuhan menempatkanmu di TKJ, bersyukurlah Rio!!! Puji Tuhan. Pertama kali, saya duduk dengan Dwi Wahyu. Kami saling bertukar pikiran satu sama lain, tetapi lama kelamaan kami tidak begitu cocok, namun kami tetap berteman. Dalam kelasku, banyak kelompok bermain di antara siswa TKJB dan waktu itu saya ikutan dengan kelompok bermain CURANDALS yang anggotanya:
-Aditya Rizeky S.
-Ahmad (dia pindah ke Kontrol Mekanik karena salah jurusan, jadi ga ikutan lagi)
-Alan Aprianto
-Rifky Wijaksana
-Rizky Agung F.A. (Anggota baru sejak kelas 11)
-Syahril Rachman (Anggota dengan jumlah 6, :p)
     Saya bersyukur bisa bersama2 dengan teman2 Curandals. Saya merasakan kedekatan dengan mereka seperti saudara sendiri. Terima Kasih Tuhan, walaupun hampir sama dengan SMP, di mana di kelas, saya sedikit dikucilkan, namun dengan Curandals saya merasa tidak sendirian. Kami sering mengerjakan tugas bersama, main dotA bersama, dll. Satu event yang tak terlupakan ada di kelas 13 saat libur setelah PKL, kami camping di Sukawana. Dengan menggunakan tenda seadanya, cuaca hujan di sepanjang malam, membuat suatu pengalaman yang tidak mudah terlupakan.
     Di kelas 11, saya bersama teman Curandals(Adit) menjadi Seksi Absensi. Di saat kami menjadi seksi absensi, banyak sekali ujian yang harus dihadapi oleh teman2 kami. Pertama, Alan yang patah tulang, Royan yang patah tulang, Rahadian yang sakit DB, Fajar Wardani sakit di pipinya sehingga harus dioperasi, Syahril sakit DB dan Tipes, dan Satu lagi kejadian paling menghebohkan dan menyedihkan di mana teman sekelas kami Feby Muhammad Alkautsar meninggal dunia karena sakit kanker tulang, padahal waktu itu ibunya sedang menjabat menjadi wali kelas kami. Entah mengapa ketika kami menjabat seksi absensi, banyak sekali hal yang demikian. Ya sudah kami tetap jalani sampai kenaikan kelas.
     Tiba saatnya UN SMK, saya sudah banyak persiapan, walaupun waktu itu saya tidak ikut les, tetapi saya serius untuk belajar. Akhirnya saya bisa naik kelas ke kelas 13 dan akan menjalani kegiatan PKL. Tadinya saya ingin PKL di luar kota, tetapi Tuhan tidak mengizinkan, sehingga saya diperkenankan untuk PKL di CV. Qiza, tempat PKL yang cukup dekat yaitu di Jl Encep Kartawiriya, dekat dengan kolam renang cempaka di mana anak SMKN 1 suka berenang di sana. Sedikit malu, karena lokasi PKL yang sangat dekat, tapi gapapa ada teman saya yang menemani yaitu Bondan Prasetyo, namun dia hanya PKL 2 bulan karena melanjutkan sertifikasi D1 Polman di Mekatronika, sehingga saya PKL sendiri di CV Qiza selama 2 bulan, cukup membosankan karena sedikit kerjaan yang bisa dilakukan. Akhirnya PKL pun selesai, dan saya mulai menyusun laporan akhir dengan tugas membuat website. Banyak sekali kendala yang harus saya hadapi ketika membuat website dengan bahasa yang baru yaitu ASP.NET membuat saya hampir kehabisan waktu untuk mengerjakannya. Dengan tuntutan pembimbing saya untuk mengaplikasikannya di SMKN 1, saya membanting tulang mengerjakannya.
     Akhirnya proyek selesai, laporan selesai dan Ujikom pun dilaksanakan. Tidak banyak kendala saat ujikom, namun satu hal yang paling diingat saat ujikom, yaitu mati lampu karena kehabisan pulsa listrik -_- . Untungnya skrip2nya masih tersimpan jadi saya tidak perlu kerepotan lagi meneruskannya. Keesokan harinya saya harus menghadapi ujian sidang, saya pun mengingat kejadian saat akan menghadapi ujian itu, di mana 2 orang yang guru penguji yang harusnya menyidang pun tidak dapat hadir karena beberapa alasan. Saya mengalami banyak kesulitan pada saat saya sidang, sulit sekali karena memang saya suka gerogi saat berada di depan. Banyak sekali kesalahan pada laporan saya yang membuat laporan saya harus direvisi, termasuk judulnya, padahal judulnya sudah di-acc oleh pembimbing dan dinilai bagus -_-. Ya sudah, mungkin ini yang terbaik dari Tuhan dan saya kerjakan sampai selesai.
     Saat setelah sidang, diberitahukan oleh guru untuk mendaftar SNMPTN jalur undangan, waktu itu saya mendaftar di UI (Teknik Industri, Teknik Metalurgi) dan UNPAD (Teknologi Pangan, Ilmu Peternakan). Saya berharap saya bisa diterima tanpa mengikuti tes SBMPTN. Saya mempersiapkan segala sesuatunya agar saya bisa kuliah, salah satunya dengan mendaftar les di Akademika Education Center(di Baros) dengan biaya bulanan. Tiba harinya di mana pengumuman UN dan SNMPTN jalur undangan diberitahukan. Untuk UN saya ga begitu deg2an, dan hasilnya lulus UN, Puji Tuhan. Namun, saat menerima hasil SNMPTN jalur undangan yang dilihat secara online, saya sedikit kecewa karena terdapat tulisan merah dengan kata2 "Maaf, Anda tidak diterima SNMPTN jalur undangan". Ya gapapa masih ada harapan lulus di SBMPTN. Walaupun basic SMK, saya mencoba belajar pelajaran2 IPA dan saya mendaftar SBMPTN di ITB (Geologi, MIPA) dan UPI (Teknik Sipil). Akhirnya, saya mengikuti tes di SMPN 14 Bandung, lokasi yang cukup jauh dijangkau(Jl. Supratman Bandung). Hari pertama saya optimis bisa mengerjakan soal2 TPA dan Tes Kemampuan Umum, cuma sedikit yang dikerjakan tetapi saya tetap optimis. Namun di hari kedua, di tes Kemampuan Ipa, saya sedikit ragu2 karena soal2 yang keluar ternyata jauh dari dugaan saya, dan soal2nya belum pernah dipelajari oleh saya. Ya ampun Tuhan, bantu saya, berilah mujizatmu saya ingin kuliah.
     Tiba saatnya pengumuman SBMPTN, sungguh saya takut sekali saya tidak lulus, bisa2 ini menjadi harapan terakhir buat saya. Namun, Tuhan juga tidak mengizinkanku untuk lulus di SBMPTN 2013 ini, sehingga membuat saya benar-benar down saat itu. Tapi saya ingat, masih ada satu harapan lagi yaitu STAN, dan saya yakin, berusaha dan berdoa lebih sungguh2 ketimbang saya saat menghadapi SBMPTN. Dalam pikiran saya, saya harus bisa menunjukkan pada orang tua saya bahwa saya bisa dan mampu untuk kuliah.
     Akhirnya hari di mana tes teori itu dilaksanakan tiba, hari itu hari Minggu, saya sedikit menyesal kenapa hari Minggu saya jadi tidak bisa pergi ke gereja, namun karena itu harapan terakhir saya, saya pun tetap mengikutinya. Dari 180 soal yang ada hanya 110 soal yang mampu saya jawab, karena waktu yang singkat dengan soal yang sangat sulit, tapi saya tetap berharap pada Tuhan. Puji Tuhan, saya lulus tes teori STAN yang membuat pengharapan saya semakin besar. Saya pun berlatih lari, karena tes selanjutnya adalah tes fisik(tes kesehatan, lari 12 menit dan shuttle run 3 putaran) dan tes wawancara. Hampir setiap hari saya berlatih lari, karena ada keinginan besar untuk masuk STAN. Saya pun mengikuti tes kesehatan dan dinyatakan boleh mengikuti tes kebugaran/fisik. Waktu itu, saya hanya bisa menjangkau 2106 Meter dari rata2 2400 M. Ya memang sepertinya sangat sulit untuk masuk STAN, saya berpikir demikian, namun saya berpikir lagi jika Tuhan meluluskan saya di tes teori tahap 1, pasti ada rencana Tuhan untuk meluluskan saya di tahap selanjutnya.
     Hari pengumuman kelulusan USM STAN pun datang, pagi2 benar teman saya meng-sms saya bahwa saya lulus di d1 Pajak STAN Cimahi. Sungguh PUJI TUHAN, saya bisa diterima menjadi mahasiswa STAN, walaupun hanya d1, tapi saya tetap bersyukur saya bisa kuliah dan saya tau itu yang terbaik yang diberikan Tuhan untukku. Dan benar saja, Firman Tuhan 3 hari setelah pengumuman disampaikan di gereja bahwa rancangan Tuhan berada jauh dari rancangan manusia. Sungguh, firman itu sangat menyentuh diriku. Trima kasih Tuhan. Setelah itu ada web yang membuat saya lebih bersyukur lagi ketika masuk di d1 Pajak Stan Cimahi setelah membaca postingan http://elamsan.wordpress.com/2013/04/07/seburuk-apakah-d-i-stan/ saya menjadi lebih semangat lagi dan bersyukur pada Tuhan. Saya tidak perlu membayar kosan, karena lokasi pendidikan di Cimahi, karena saya juga tinggal di Cimahi. Saya tidak perlu jauh dari keluarga saya, makanan juga lebih terjamin, dan masih banyak lagi. Sungguh Tuhan memberi yang terbaik sesuai dengan kehendakNya, jangan lupa untuk selalu bersyukur padaNya.
     Mungkin saya cukupkan dulu sekian, karena perjalanan hidup saya baru sampai di sini. Terima kasih buat para pembaca yang mungkin tidak sengaja membacanya atau memang ingin membacanya. Tuhan Memberkati :)


   

LAPORAN AKHIR KELAS 4

Puji dan syukur saya persembahkan pada Tuhan Yesus Kristus yang telah membantu saya dalam pelaksanaan prakerin kelas 4, pembuatan proyek akhir SIMBA (Sistem Informasi Manajemen Barang) beserta pembuatan laporan akhirnya.
Langsung saja, buat adik2 kelas yang ingin melihat laporannya sebagai referensi, silakan dapat dilihat di bawah ini



Untuk mendownloadnya silakan klik link berikut ini: >>DOWNLOAD DI SINI <<

Informasi SNMPTN 2013

Informasi Umum SNMPTN 2013

KATA PENGANTAR

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan bahwa seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
Sejalan dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengikuti seleksi melalui SNMPTN dan jika diterima di PTN akan mendapatkan beasiswa selama masa studi normal.
Informasi ini menyajikan ketentuan umum SNMPTN 2013 yang diikuti 61 Perguruan Tinggi Negeri. Informasi yang disajikan meliputi persyaratan pendaftaran, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pemilihan Program Studi. Informasi ini diterbitkan untuk dipelajari secara seksama oleh calon peserta SNMPTN 2013.
Secara rinci, informasi tentang tata cara pendaftaran dan pelaksanaan SNMPTN 2013 akan dimuat dalam Buku Panduan yang dapat diakses di laman (website) resmi http://www.snmptn.ac.id. Mudah-mudahan Informasi ini bermanfaat bagi persiapan peserta untuk mengikuti SNMPTN 2013.
Mengetahui,
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan





Prof. Dr. Djoko Santoso, M.Sc.
Jakarta, November 2012
Panitia Pelaksana SNMPTN 2013
Ketua Umum,
ttd.
Prof. Akhmaloka, Ph.D.

LATAR BELAKANG

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.
Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik dan rekomendasi Kepala Sekolah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di PTN.
Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah diberi kepercayaan merekomendasikan siswanya untuk mendaftar.

TUJUAN

Tujuan SNMPTN adalah:
  • memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  • mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN

Ketentuan Umum

  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  • Telah mengisi PDSS.
  • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2013.

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.
Penerimaan
Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2013, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

TATA CARA MENGIKUTI SNMPTN

Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013 berhak mengikuti SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.

Pengisian PDSS

  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran

  • Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  • Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

JADWAL SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013

PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN

  • Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2013 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

BIAYA PENDAFTARAN

Siswa pelamar tidak dikenai biaya pendaftaran.

PRINSIP DAN MEKANISME SELEKSI

Prinsip Seleksi

  • Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  • Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  • Seleksi dilaksanakan secara objektif, adil, dan akuntabeldengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN masing-masing.
  • Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:
  • Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

LAMAN RESMI DAN ALAMAT PANITIA PELAKSANA

  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689.

LAIN-LAIN

  • Siswa yang akan melanjutkan studi di PTN tetapi terkendala dengan biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  • Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2013 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Baku (POB) SNMPTN Tahun 2013.
sumber: http://www.snmptn.ac.id

Download BimaTri Gratis


Fitur BimaTri:

1. Notifikasi.
Push notification / notifikasi otomatisnya bisa ngingetin sisa kuota internet. Jadi kamu gak akan kehabisan kuota tiba-tiba.
2. Isi ulang kuota/pulsa.
Isi ulang kuota/pulsa jadi mudah, melalui:
- Voucher fisik dengan memasukkan kode voucher-nya.
- Online dengan debit/credit card.
3. Profil Tri kamu.
Menampilkan informasi penting seputar Kartu Tri mu:
- Nomor kartu.
- Masa berlaku kartu.
- Sisa pulsa.
- Info kuota: Data, Nelpon, SMS, BlackBerry, Info akses situs gratis.
4. Rekomendasi paket.
Memberi rekomendasi paket yang sesuai kebutuhanmu; paket data, BlackBerry, nelpon, SMS.
5. Tips & trik.
Memberi informasi aplikasi terkini yang berguna untuk aktivitas internetmu.

Download BimaTri from Blackberry App World
Download BimaTri from Google Play
Download bimatri for Windows/Mac
 

Codebreaker Pokemon Leaf Green & Fire Red

POKEMON FIRE RED & LEAF GREEN VERSIONS:
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
 
 

 CODEBREAKER CHEAT CODES GUIDE (USA/English Version)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

By SilverKadabra (James Watson)

---------------
VERSION UPDATES
---------------

0.9: The Help system has been corrected. Check there if you are stuck or you
     can't get the codes working.

0.8: I have arranged a new help system for those of you who are stuck or find
     you can't get the codes working. The island teleport codes have also been
     added. Even more, I have reserved space for more codes! And yes, I have
     managed to fix the Wild Pokemon codes! Please use them again!

0.7: There are promblems with the Wild Pokemon Modifiers. DO NOT USE THEM!!!
     Corrected RNG code and have added some new codes including buy any Item
     from a Poke Mart and unlimited Game Corner coins payout!

0.6: This is the first edition of my guide. So there are currently no other
     versions to mention.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



-----------------
TABLE OF CONTENTS
-----------------


Section 2: Mastercodes

Section 3: RNG Kill Codes

Section 4: General Codes

Section 5: Item Modifyer Codes

Section 6: Wild Pokemon Modifying Codes (NOW FIXED)

Section 7: Island Teleport Codes (FR ONLY)

Section 8: CodeBreaker Error Help Guide

Section 9: Legal Information & Credits

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



----------------------
SECTION 2: MASTERCODES
----------------------

Here are both of the mastercodes for the games! I have discovered that they do
not always work, and I'm preparing to learn the version 1.1 mastercodes.

The mastercode for the two different games are different, and are both made
of two two lines of code.

Pokemon Fire Red Mastercode:
----------------------------

000014D1 000A
10044EC8 0007

Pokemon Leaf Green Mastercode:
------------------------------

0000BE99 000A
1003DAE6 0007

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

------------------------
SECTION 3: RNG KILL CODE
------------------------

Special code that must be activate when using many of the CodeBreaker
codes

83005000 61A1
83005002 0A35

The Instructions to use this code are as follows:

1) Activate the RNG code along with any other code that requires its use.

2) Load your saved game. <>

3) Look at your Trainer Card (first screen only). 
   When back on the Main Menu, press B again to close it. If you press the A
   button to return to the Main Menu, YOUR GAME MAY CRASH!!! Always use B to
   return to the Main Menu.

   NOTE: If you skip this step the codes won't work.

4) Press the button combination for the code you want to use.

5) Check it has worked, then SAVE your game and RESET!

-------------------------------------------------------------------------------
WARNING: This code messes with the RNG in the game. Your game will act very
weirdly while codes requiring the RNG Kill codes are active. Don't play, just 
use the codes you want to use, Save, then restart without the codes active.
-------------------------------------------------------------------------------

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

-------------------------------------------
SECTION 4A: GENERAL CODES (RNG KILL NEEDED)
-------------------------------------------

Please Note: These codes require the use of the RNG code.

Infinate Money: (Button Combination B + START)
----------------------------------------------

74000130 03F5
820257BC 423F
74000130 03F5
820257BE 000F

--------------------------------

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

-----------------------------------------------
SECTION 4B: GENERAL CODES (RNG KILL NOT NEEDED)
-----------------------------------------------

Please Note: These codes DON'T require the use of the RNG code.

Infinate Game Corner Coins:
---------------------------

82002DB0 270F

Instuctions: Whenever you make a winning on a Game Corner machine, you gain an
unlimited fill of coins. When your credit reachs 9999, turn the CodeBreaker
off. This takes a long time, so be warned.

------------------------------
SECTION 5: ITEM MODIFYER CODES
------------------------------

Please Note:  Some of these codes require the use of the RNG code.


Obtain Any Item: (Button Combination B + UP)
--------------------------------------------

------------
INSTRUCTIONS
------------

Here is the generic code for creating your Item:

74000130 03BD
820257C4 XXXX

The 'XXXX' represent the four special digits you must type in to obtain the
Item of your choise. Each Item has its own unique four digit code which you
must replace the 'XXXX' with. There is a list of Item digits further on in this
section.


Multiply Item: (Button Combination B + DOWN)
--------------------------------------------

This gives you 99 of the Item that is stored in the first slot of your PC.

74000130 037D
820257C6 0063

Edit Items At Poke Mart: (RNG KILL NOT REQUIRED)
------------------------------------------------

82003884 XXXX

The 'XXXX' represent the four special digits you must type in to obtain the
Item of your choise. Each Item has its own unique four digit code which you
must replace the 'XXXX' with. There is a list of Item digits further on in this
section.

The item you chose can be bought at a Poke Mart.

It is at the top of the list and will cost you a small amount of money.

-------------------------------------------------------------------------------

----------------
ITEMS DIGIT LIST
----------------

Here are all the digits you need to know for the 'Obtain Any Item' code:

0000 = No Item
0001 = Master Ball
0002 = Ultra Ball
0003 = Great Ball
0004 = Poke Ball
0005 = Safari Ball
0006 = Net Ball
0007 = Dive Ball
0008 = Nest Ball
0009 = Repeat Ball
000A = Timer Ball
000B = Luxury Ball
000C = Premier Ball
000D = Potion
000E = Antidote
000F = Burn Heal
0010 = Ice Heal
0011 = Awakening
0012 = Parlyz Heal
0013 = Full Restore
0014 = Max Potion
0015 = Hyper Potion
0016 = Super Potion
0017 = Full Heal
0018 = Revive
0019 = Max Revive
001A = Fresh Water
001B = Soda Pop
001C = Lemonade
001D = MooMoo Milk
001E = Energy Powder
001F = Energy Root
0020 = Heal Powder
0021 = Revival Herb
0022 = Ether
0023 = Max Ether
0024 = Elixer
0025 = Max Elixer
0026 = Lava Cookie
0027 = Blue Flute
0028 = Yellow Flute
0029 = Red Flute
002A = Black Flute
002B = White Flute
002C = Berry Juice
002D = Sacred Ash
002E = Shoal Salt
002F = Shoal Shell
0030 = Red Shard
0031 = Blue Shard
0032 = Yellow Shard
0033 = Green Shard
003F = HP Up
0040 = Protein
0041 = Iron
0042 = Carbos
0043 = Calcium
0044 = Rare Candy
0045 = PP Up
0046 = Zinc
0047 = PP Max
0049 = Guard Spec
004A = Dire Hit
004B = X Attack
004C = X Defend
004D = X Speed
004E = X Accuracy
004F = X Special
0050 = Poke Doll
0051 = Fluffy Tail
0053 = Super Repel
0054 = Max Repel
0055 = Escape Rope
0056 = Repel
005D = Sun Stone
005E = Moon Stone
005F = Fire Stone
0060 = Thunder Stone
0061 = Water Stone
0062 = Leaf Stone
0067 = Tiny Mushroom
0068 = Big Mushroom
006A = Pearl
006B = Big Pearl
006C = Stardust
006D = Star Piece
006E = Nugget
006F = Heart Scale
0079 = Orange Mail
007A = Harbor Mail
007B = Glitter Mail
007C = Mech Mail
007D = Wood Mail
007E = Wave Mail
007F = Bead Mail
0080 = Shadow Mail
0081 = Tropic Mail
0082 = Dream Mail
0083 = Fab Mail
0084 = Retro Mail
0085 = Cheri Berry
0086 = Chesto Berry
0087 = Pecha Berry
0088 = Rawst Berry
0089 = Aspear Berry
008A = Leppa Berry
008B = Oran Berry
008C = Persim Berry
008D = Lum Berry
008E = Sitrus Berry
008F = Figy Berry
0090 = Wiki Berry
0091 = Mago Berry
0092 = Aguav Berry
0093 = Iapapa Berry
0094 = Razz Berry
0095 = Bluk Berry
0096 = Nanab Berry
0097 = Wepear Berry
0098 = Pinap Berry
0099 = Pomeg Berry
009A = Kelpsy Berry
009B = Qualot Berry
009C = Hondew Berry
009D = Grepa Berry
009E = Tamato Berry
009F = Cornn Berry
00A0 = Magost Berry
00A1 = Rabuta Berry
00A2 = Nomel Berry
00A3 = Spelon Berry
00A4 = Pamtre Berry
00A5 = Watmel Berry
00A6 = Durin Berry
00A7 = Belue Berry
00A8 = Liechi Berry
00A9 = Ganlon Berry
00AA = Salac Berry
00AB = Petaya Berry
00AC = Apicot Berry
00AD = Lansat Berry
00AE = Starf Berry
00AF = Enigma Berry
00B3 = Bright Powder
00B4 = White Herb
00B5 = Macho Brace
00B6 = Exp Share
00B7 = Quick Claw
00B8 = Soothe Bell
00B9 = Mental Herb
00BA = Choice Band
00BB = King's Rock
00BC = Silver Powder
00BD = Amulet Coin
00BE = Cleanse Tag
00BF = Soul Dew
00C0 = Deep Sea Tooth
00C1 = Deep Sea Scale
00C2 = Smoke Ball
00C3 = Everstone
00C4 = Focus Band
00C5 = Lucky Egg
00C6 = Scope Lens
00C7 = Metal Coat
00C8 = Leftovers
00C9 = Dragon Scale
00CA = Light Ball
00CB = Soft Sand
00CC = Hard Stone
00CD = Miracle Seed
00CE = Black Glasses
00CF = Black Belt
00D0 = Magnet
00D1 = Mystic Water
00D2 = Sharp Beak
00D3 = Poison Barb
00D4 = Nevermelt Ice
00D5 = Spell Tag
00D6 = Twisted Spoon
00D7 = Charcoal
00D8 = Dragon Fang
00D9 = Silk Scarf
00DA = Up-Grade
00DB = Shell Bell
00DC = Sea Incense
00DD = Lax Incense
00DE = Lucky Punch
00DF = Metal Powder
00E0 = Thick Club
00E1 = Stick
00FE = Red Scarf
00FF = Blue Scarf
0100 = Pink Scarf
0101 = Green Scarf
0102 = Yellow Scarf
0103 = Mach Bike
0104 = Coin Case
0105 = ItemFinder
0106 = Old Rod
0107 = Good Rod
0108 = Super Rod
0109 = S.S. Ticket
010A = Contest Pass
010C = Wailmer Pail
010D = Devon's Goods
010E = Soot Sack
010F = Basement Key
0110 = Acro Bike
0111 = PokeBlock Case
0112 = Letter
0113 = Eon Ticket
0114 = Red Orb
0115 = Blue Orb
0116 = Scanner
0117 = Go-Goggles
0118 = Meteorite
0119 = Rm.1 Key
011A = Rm.2 Key
011B = Rm.4 Key
011C = Rm.6 Key
011D = Storage Key
011E = Root Fossil
011F = Claw Fossil
0120 = Devon Scope
0121 = TM01 (Focus Punch)
0122 = TM02 (Dragon Claw)
0123 = TM03 (Water Pulse)
0124 = TM04 (Calm Mind)
0125 = TM05 (Roar)
0126 = TM06 (Toxic)
0127 = TM07 (Hail)
0128 = TM08 (Bulk Up)
0129 = TM09 (Bullet Seed)
012A = TM10 (Hidden Power)
012B = TM11 (Sunny Day)
012C = TM12 (Taunt)
012D = TM13 (Ice Beam)
012E = TM14 (Blizzard)
012F = TM15 (Hyper Beam)
0130 = TM16 (Light Screen)
0131 = TM17 (Protect)
0132 = TM18 (Rain Dance)
0133 = TM19 (Giga Drain)
0134 = TM20 (Safeguard)
0135 = TM21 (Frustration)
0136 = TM22 (Solar Beam)
0137 = TM23 (Iron Tail)
0138 = TM24 (Thunderbolt)
0139 = TM25 (Thunder)
013A = TM26 (Earthquake)
013B = TM27 (Return)
013C = TM28 (Dig)
013D = TM29 (Psychic)
013E = TM30 (Shadow Ball)
013F = TM31 (Brick Break)
0140 = TM32 (Double Team)
0141 = TM33 (Reflect)
0142 = TM34 (Shock Wave)
0143 = TM35 (Flamethrower)
0144 = TM36 (Sludge Bomb)
0145 = TM37 (Sandstorm)
0146 = TM38 (Fire Blast)
0147 = TM39 (Rock Tomb)
0148 = TM40 (Aerial Ace)
0149 = TM41 (Torment)
014A = TM42 (Facade)
014B = TM43 (Secret Power)
014C = TM44 (Rest)
014D = TM45 (Attract)
014E = TM46 (Thief)
014F = TM47 (Steel Wing)
0150 = TM48 (Skill Swap)
0151 = TM49 (Snatch)
0152 = TM50 (Overheat)
0153 = HM01 (Cut)
0154 = HM02 (Fly)
0155 = HM03 (Surf)
0156 = HM04 (Strength)
0157 = HM05 (Flash)
0158 = HM06 (Rock Smash)
0159 = HM07 (Waterfall)
015A = HM08 (Dive)
015D = {Oak's Parcel}
015E = {Poke Flute}
015F = {Secret Key}
0160 = {Bike Voucher}
0161 = {Gold Teeth}
0162 = {Old Amber}
0163 = {Card Key}
0164 = {Elevator Key}
0165 = {Dome Fossil}
0166 = {Helix Fossil}
0167 = {Silph Scope}
0168 = {Bicycle}
0169 = {Town Map}
016A = {Battle Searcher}
016B = {Voice Checker}
016C = {TM Case}
016D = {Berry Bag}
016E = {Help TV}
016F = {Tri-Pass}
0170 = {Rainbow Pass}
0171 = {Tea}
0172 = {Mystery Ticket}
0173 = {Aurora Ticket}
0174 = {Konaire}
0175 = {Ruby Plate}
0176 = {Sapphire Plate}
01F4 = [Jail Key]
01F5 = [Elevator Key]
01F6 = [Small Tablet]
01F7 = [F-Disk]
01F8 = [R-Disk]
01F9 = [L-Disk]
01FA = [D-Disk]
01FB = [U-Disk]
01FC = [Subway Key]
01FD = [Maingate Key]
01FE = [Card Key]
01FF = [Down St. Key]
0200 = [DNA Sample 1]
0201 = [Bayleef DNA]
0202 = [DNA Sample 2]
0203 = [Quilava DNA]
0204 = [DNA Sample 3]
0205 = [Croconaw DNA]
0206 = [DNA Sample 4]
0207 = [Sudowoodo DNA]
0208 = [DNA Sample 5]
0209 = [Misdreavus DNA]
020A = [DNA Sample 6]
020B = [Mightyena DNA]
020C = [DNA Sample 7]
020D = [Raikou DNA]
020E = [DNA Sample 8]
020F = [Entei DNA]
0210 = [DNA Sample 9]
0211 = [Suicune DNA]
0212 = [Data ROM]
0213 = [Steel Teeth]
0214 = [Gear]
0215 = [Red ID Badge]
0216 = [Green ID Badge]
0217 = [Blue ID Badge]
0218 = [Yellow ID Badge]
0219 = [Time Flute]
021A = [Ein File S]
021B = [Ein File H]
021C = [Ein File C]
021D = [Ein File P]
021E = [Cologne Case]
021F = [Joy Scent]
0220 = [Excite Scent]
0221 = [Vivid Scent]
0222 = [Powerup Part]
0223 = [Ein File F]

NOTE: If you use this code to create the special tickets for getting to Birth
      Island & Navel Cavern, they won't work. Work is currently under way to
      get around this. To get to the Islands, just use the 'Island Teleport
      Codes' found in Section 7. Also, I don't recommend creating Key Items
      that are exclusive to other games such as the Deven Goods and EIN Files.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

--------------------------------------
SECTION 6: WILD POKEMON MODIFYER CODES
--------------------------------------

These codes need their own master codes. They are as follows:

Pokemon Fire Red Mastercode:
----------------------------

000014D1 000A
1003dae6 0007

Pokemon Leaf Green Mastercode:
------------------------------

00000554 000A
1003dae6 0007

Species Modifier
----------------

83007CEE XXXX

Similar to to the 'Obtain Any Item' code. Your must put the correct digits in
place of the 'XXXX' to choose the species you want. There is a  Pokemon digit
list later in this section.

Level Modifier
--------------

33007CF0 00XX

Simply rplace the 'XX' with the level of the Wild Pokemon you want to appear.

This only works: levels 1-99

-------------------------------------------------------------------------------

------------------
POKEMON DIGIT LIST
------------------

Here are all the digits you need to know for the 'Species Modifier' code:

0001 = BULBASAUR 
0002 = IVYSAUR 
0003 = VENUSAUR 
0004 = CHARMANDER 
0005 = CHARMELEON 
0006 = CHARIZARD 
0007 = SQUIRTLE 
0008 = WARTORTLE 
0009 = BLASTOISE 
000A = CATERPIE 
000B = METAPOD 
000C = BUTTERFREE 
000D = WEEDLE 
000E = KAKUNA 
000F = BEEDRILL 
0010 = PIDGEY 
0011 = PIDGEOTTO 
0012 = PIDGEOT 
0013 = RATTATA 
0014 = RATICATE 
0015 = SPEAROW 
0016 = FEAROW 
0017 = EKANS 
0018 = ARBOK 
0019 = PIKACHU 
001A = RAICHU 
001B = SANDSHREW 
001C = SANDSLASH 
001D = NIDORAN Female 
001E = NIDORINA 
001F = NIDOQUEEN 
0020 = NIDORAN Male 
0021 = NIDORINO 
0022 = NIDOKING 
0023 = CLEFAIRY 
0024 = CLEFABLE 
0025 = VULPIX 
0026 = NINETALES 
0027 = JIGGLYPUFF 
0028 = WIGGLYTUFF 
0029 = ZUBAT 
002A = GOLBAT 
002B = ODDISH 
002C = GLOOM 
002D = VILEPLUME 
002E = PARAS 
002F = PARASECT 
0030 = VENONAT 
0031 = VENOMOTH 
0032 = DIGLETT 
0033 = DUGTRIO 
0034 = MEOWTH 
0035 = PERSIAN 
0036 = PSYDUCK 
0037 = GOLDUCK 
0038 = MANKEY 
0039 = PRIMEAPE 
003A = GROWLITHE 
003B = ARCANINE 
003C = POLIWAG 
003D = POLIWHIRL 
003E = POLIWRATH 
003F = ABRA 
0040 = KADABRA 
0041 = ALAKAZAM 
0042 = MACHOP 
0043 = MACHOKE 
0044 = MACHAMP 
0045 = BELLSPROUT 
0046 = WEEPINBELL 
0047 = VICTREEBEL 
0048 = TENTACOOL 
0049 = TENTACRUEL 
004A = GEODUDE 
004B = GRAVELER 
004C = GOLEM 
004D = PONYTA 
004E = RAPIDASH 
004F = SLOWPOKE 
0050 = SLOWBRO
0051 = MAGNEMITE
0052 = MAGNETON
0053 = FARFETCH'D
0054 = DODUO
0055 = DODRIO
0056 = SEEL
0057 = DEWGONG
0058 = GRIMER
0059 = MUK
005A = SHELLDER
005B = CLOYSTER
005C = GASTLY
005D = HAUNTER
005E = GENGAR
005F = ONIX
0060 = DROWZEE
0061 = HYPNO
0062 = KRABBY
0063 = KINGLER
0064 = VOLTORB
0065 = ELECTRODE
0066 = EXEGGCUTE
0067 = EXEGGUTOR
0068 = CUBONE
0069 = MAROWAK
006A = HITMONLEE
006B = HITMONCHAN
006C = LICKITUNG
006D = KOFFING
006E = WEEZING
006F = RHYHORN
0070 = RHYDON
0071 = CHANSEY
0072 = TANGELA
0073 = KANGASKHAN
0074 = HORSEA
0075 = SEADRA
0076 = GOLDEEN
0077 = SEAKING
0078 = STARYU
0079 = STARMIE
007A = MR.MIME
007B = SCYTHER
007C = JYNX
007D = ELECTABUZZ
007E = MAGMAR
007F = PINSIR
0080 = TAUROS
0081 = MAGIKARP
0082 = GYARADOS
0083 = LAPRAS
0084 = DITTO
0085 = EEVEE
0086 = VAPOREON
0087 = JOLTEON
0088 = FLAREON
0089 = PORYGON
008A = OMANYTE
008B = OMASTAR
008C = KABUTO
008D = KABUTOPS
008E = AERODACTYL
008F = SNORLAX
0090 = ARTICUNO
0091 = ZAPDOS
0092 = MOLTRES
0093 = DRATINI
0094 = DRAGONAIR
0095 = DRAGONITE
0096 = MEWTWO
0097 = MEW

0098 = CHIKORITA
0099 = BAYLEEF
009A = MEGANIUM
009B = CYNDAQUIL
009C = QUILAVA
009D = TYPHLOSION
009E = TOTODILE
009F = CROCONAW
00A0 = FERALIGATR
00A1 = SENTRET
00A2 = FURRET
00A3 = HOOTHOOT
00A4 = NOCTOWL
00A5 = LEDYBA
00A6 = LEDIAN
00A7 = SPINARAK
00A8 = ARIADOS
00A9 = CROBAT
00AA = CHINCHOU
00AB = LANTURN
00AC = PICHU
00AD = CLEFFA
00AE = IGGLYBUFF
00AF = TOGEPI
00B0 = TOGETIC
00B1 = NATU
00B2 = XATU
00B3 = MAREEP
00B4 = FLAAFFY
00B5 = AMPHAROS
00B6 = BELLOSSOM
00B7 = MARILL
00B8 = AZUMARILL
00B9 = SUDOWOODO
00BA = POLITOED
00BB = HOPPIP
00BC = SKIPLOOM
00BD = JUMPLUFF
00BE = AIPOM
00BF = SUNKERN
00C0 = SUNFLORA
00C1 = YANMA
00C2 = WOOPER
00C3 = QUAGSIRE
00C4 = ESPEON
00C5 = UMBREON
00C6 = MURKROW
00C7 = SLOWKING
00C8 = MISDREAVUS
00C9 = UNOWN
00CA = WOBBUFFET
00CB = GIRAFARIG
00CC = PINECO
00CD = FORRETRESS
00CE = DUNSPARCE
00CF = GLIGAR
00D0 = STEELIX
00D1 = SNUBBULL
00D2 = GRANBULL
00D3 = QWILFISH
00D4 = SCIZOR
00D5 = SHUCKLE
00D6 = HERACROSS
00D7 = SNEASEL
00D8 = TEDDIURSA
00D9 = URSARING
00DA = SLUGMA
00DB = MAGCARGO
00DC = SWINUB
00DD = PILOSWINE
00DE = CORSOLA
00DF = REMORAID
00E0 = OCTILLERY
00E1 = DELIBIRD
00E2 = MANTINE
00E3 = SKARMORY
00E4 = HOUNDOUR
00E5 = HOUNDOOM
00E6 = KINGDRA
00E7 = PHANPY
00E8 = DONPHAN
00E9 = PORYGON
00EA = STANTLER
00EB = SMEARGLE
00EC = TYROGUE
00ED = HITMONTOP
00EE = SMOOCHUM
00EF = ELEKID
00F0 = MAGBY
00F1 = MILTANK
00F2 = BLISSEY
00F3 = RAIKOU
00F4 = ENTEI
00F5 = SUICUNE
00F6 = LARVITAR
00F7 = PUPITAR
00F8 = TYRANITAR
00F9 = LUGIA
00FA = HO-OH
00FB = CELEBI

0115 = TREECKO
0116 = GROVYLE
0117 = SCEPTILE
0118 = TORCHIC
0119 = COMBUSKEN
011A = BLAZIKEN
011B = MUDKIP
011C = MARSHTOMP
011D = SWAMPERT
011E = POOCHYENA
011F = MIGHTYENA
0120 = ZIGZAGOON
0121 = LINOONE
0122 = WURMPLE
0123 = SILCOON
0124 = BEAUTIFLY
0125 = CASCOON
0126 = DUSTOX
0127 = LOTAD
0128 = LOMBRE
0129 = LUDICOLO
012A = SEEDOT
012B = NUZLEAF
012C = SHIFTRY
012D = NINCADA
012E = NINJASK
012F = SHEDINJA
0130 = TAILLOW
0131 = SWELLOW
0132 = SHROOMISH
0133 = BRELOOM
0134 = SPINDA
0135 = WINGULL
0136 = PELIPPER
0137 = SURSKIT
0138 = MASQUERAIN
0139 = WAILMER
013A = WAILORD
013B = SKITTY
013C = DELCATTY
013D = KECLEON
013E = BALTOY
013F = CLAYDOL
0140 = NOSEPASS
0141 = TORKOAL
0142 = SABLEYE
0143 = BARBOACH
0144 = WHISCASH
0145 = LUVDISC
0146 = CORPHISH
0147 = CRAWDAUNT
0148 = FEEBAS
0149 = MILOTIC
014A = CARVANHA
014B = SHARPEDO
014C = TRAPINCH
014D = VIBRAVA
014E = FLYGON
014F = MAKUHITA
0150 = HARIYAMA
0151 = ELECTRIKE
0152 = MANECTRIC
0153 = NUMEL
0154 = CAMERUPT
0155 = SPHEAL
0156 = SEALEO
0157 = WALREIN
0158 = CACNEA
0159 = CACTURNE
015A = SNORUNT
015B = GLALIE
015C = LUNATONE
015D = SOLROCK
015E = AZURILL
015F = SPOINK
0160 = GRUMPIG
0161 = PLUSLE
0162 = MINUN
0163 = MAWILE
0164 = MEDITITE
0165 = MEDICHAM
0166 = SWABLU
0167 = ALTARIA
0168 = WYNAUT
0169 = DUSKULL
016A = DUSCLOPS
016B = ROSELIA
016C = SLAKOTH
016D = VIGOROTH
016E = SLAKING
016F = GULPIN
0170 = SWALOT
0171 = TROPIUS
0172 = WHISMUR
0173 = LOUDRED
0174 = EXPLOUD
0175 = CLAMPERL
0176 = HUNTAIL
0177 = GOREBYSS
0178 = ABSOL
0179 = SHUPPET
017A = BANETTE
017B = SEVIPER
017C = ZANGOOSE
017D = RELICANTH
017E = ARON
017F = LAIRON
0180 = AGGRON
0181 = CASTFORM
0182 = VOLBEAT
0183 = ILLUMISE
0184 = LILEEP
0185 = CRADILY
0186 = ANORITH
0187 = ARMALDO
0188 = RALTS
0189 = KIRLIA
018A = GARDEVOIR
018B = BAGON
018C = SHELGON
018D = SALAMENCE
018E = BELDUM
018F = METANG
0190 = METAGROSS
0191 = REGIROCK
0192 = REGICE
0193 = REGISTEEL
0194 = KYOGRE
0195 = GROUDON
0196 = RAYQUAZA
0197 = LATIAS
0198 = LATIOS
0199 = JIRACHI
019A = DEOXYS
019B = CHIMECHO

NOTE: If there are any errors, please let me know!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

--------------------------------
SECTION 7: ISLAND TELEPORT CODES
--------------------------------

Not too much progress...

The following codes work only for FR USA!

Warp to Navel Carven:

82031dbc 2402

Warp to Birth Island:

82031dbc 3802

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
--------------------
SECTION 8: Code Help
--------------------

Due to idiots spamming my email, I have removed my email address. But do not
fear, you can contact me for help by doing the following:

Visit my Pokemon site, 'Kamex' by typing this in your browser:

http://www.geocities.com/kamex_2005/

Next, Go to the Pokemon FR & LG Section, and you'll se an option to download
Action Replay codes from the menu. Simply go to that page and get the files.
I know there isn't an option to download CodeBreaker codes yet, but I hope
to upload some files soon.

You don't even need to enter the codes to your AR, use the PC program that
came with device to put them in automaticaly. It's that easy.

You can always contact me by going to Kamex and choosing 'Contact Information'.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

-------------------------------------
SECTION 9: LEGAL INFORMATON & CREDITS
-------------------------------------

This may be not be reproduced under any circumstances except for personal,
private use. It may not be placed on any web site or otherwise distributed
publicly without advance written permission. Use of this guide on any other
web site or as a part of any public display is strictly prohibited, and a
violation of copyright.

Sites Allowed:

Nintendo Universe: www.geocities.com/silverkadabra
GameFAQS: www.gamefaqs.com

SilverKadabra or James Watson has created this guide.

Some contributions by my friend Andy.

Copyright 2004 James Watson

All trademarks and copyrights contained in this document are owned by their
respective trademark and copyright holders.

Pokemon And All Respective Names are Trademarks Trademark © of Nintendo
1996-2004.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews