Rencana Tuhan itu Indah

Rencana Tuhan itu indah kawan!!! Dia memberikan segala kebutuhan kita, Dia tau apa yang kita butuhkan, walaupun itu bukan keinginan kita, tetapi Dia tau apa yang terbaik bagi kita. Begitupun dengan saya pada waktu dipertemukan dengan 2 pilihan. SMAN 2 Cimahi atau SMKN 1 Cimahi?
     Terlintas dalam benak saya, apa yang bisa saya dapat dari belajar di SMK? Bagaimana masa depan saya ketika saya harus memilih SMK? Apakah saya bisa melanjutkan studi ke jenjang kuliahkah? Jujur, saya dulu tidak ada keinginan untuk masuk ke SMKN 1 Cimahi, mau jadi apa saya? karyawankah? bawahankah? Tapi karena Tuhan menggerakkan ayah saya untuk mendaftarkan saya di SMKN 1 Cimahi, akhirnya saya menjadi salah satu siswa di sana, di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
     Banyak perjuangan yang harus saya hadapi. Dimulai dari kelas 1 SMK, saya banyak mengalami kesulitan, apalagi waktu itu komputer yang saya miliki tidak mampu digunakan sebagai media pembelajaran sesuai dengan jurusan TKJ. Komputer pentium 3! Untuk apa komputer dengan spesifikasi rendahan seperti itu? Tidak bisa digunakan apa apa untuk menunjang pembelajaran di TKJ. Untuk itu, saya harus pergi ke rumah teman saya sehingga merepotkannya, ya mau gimana lagi? Memang begitu adanya, untung teman saya memiliki hati yang baik sehingga tidak segan2 membantu temannya yang sedang kesulitan.
     Selain media, saya pun memang tidak mahir dalam jurusan TKJ. Buktinya, siswa yang paling banyak remedial saat mengetik 10 jari, SAYA! Bukan mau menyombongkan diri, tapi saya sudah ikut remedial mengetik hampir 5-6 kali, sedangkan teman2 saya banyak yang remedial paling cuma 1-2 kali bahkan ada yang langsung lulus tanpa remedial. Selain itu, ketika tes perakitan akhir memang hampir semua tidak lulus merakit PC cuma satu orang yang lulus, tapi bukan saya karena saya pun gagal bersama teman2 yang lain -_-. Ya mau gimana lagi? Yang saya pikirkan, "Pokoknya kalo udah masuk harus bisa keluar dengan membawa ijazah!!!". Ya... Saya tetap harus berjuang sampai titik darah penghabisan.
     Bedanya di SMKN 1 Cimahi dengan sekolah lain itu, saya harus mengalami yang namanya 4 tahun belajar. Bukan tidak naik kelas, tapi 1 tahun itu untuk Prakerin(Praktek kerja industri) minimal 4 bulan di kelas 4. Saya mendaftar beberapa perusahaan ternama seperti PT Nutrifood. Waktu dites tahap awal/tes psikotes saya lolos dan melanjutkan ke tes wawancara. Saking gugupnya gagal deh saya untuk Prakerin di sana. Ya udah deh gapapa cuma prakerin ini. Ada juga satu perusahaan yang menggunakan tes wawancara untuk masuk ke sana yaitu Otics. Sama dengan yang ini, saya pun tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, gagal lagi deh. Rencana saya untuk PKL di luar kota sirna sudah, karena saya sudah terlanjur mendaftar ke CV. Qiza yang berada di Jl. Encep Kartawiriya, sekitar 4 KM dari SMKN 1 Cimahi. Deket pisan ya... ya udah mungkin ini yang terbaik.
     Tapi dari situlah, Rencana Tuhan itu indah. Karena dekat, saya mudah untuk minta tanda tangan buat laporan, saya mudah untuk belajar mempersiapkan diri untuk mendaftar kuliah. Walaupun gagal di SNMPTN dan SBMPTN, tetapi semakin nyata kuasa Tuhan untuk saya bisa kuliah di STAN. Pertanda-pertanda saya bisa kuliah di STAN:
-Pertama, saya masuk SMKN 1 Cimahi, sekolah dengan program sekolah 4 tahun, soalnya tahun 2012, tidak ada pendaftaran untuk kuliah di STAN
-Kedua, di SMK tidak begitu mendalami soal2 untuk persiapan SBMPTN walaupun bisa disiasati dengan mengikuti kegiatan les, tetapi saya tetap tidak mengerti soal2 yang dipelajari sehingga saya digagalkan untuk masuk ke PTN
-Ketiga, entah mengapa saya lebih suka belajar TPA, dibandingkan dengan soal2 lain untuk persiapan SBMPTN, dan benar saja soal2 yang diteskan di USM STAN yaitu soal2 TPA dan Bahasa Inggris
-Keempat, Bahasa Inggris? Sulit menurut sedikit orang, termasuk saya. Namun pada saat tes USM STAN, saya merasa dimudahkan, itulah kuasa Tuhan terjadi atas diri saya
-Kelima, saya lebih menyukai matematika sejak SD, tidak banyak orang menyukai pelajaran tersebut, tetapi saya menyukainya. Begitupun dengan pelajaran di STAN, kebanyakannya menghitung.
-Keenam, kondisi ekonomi keluarga saya banyak pengeluaran, dimulai dari adik saya yang masuk TK(biaya daftar ulang yang cukup besar, DU = +- 1,5 jt, SPP 50rb), adik saya yang masuk SMA(biaya yang dibilang besar DU = +- 7jt, SPP 250rb), kondisi ini mengikis harapan saya untuk kuliah dengan biaya yang lebih besar lagi, sebenarnya bisa disiasati dengan beasiswa, tapi saya berpikir masih banyak orang yang lebih membutuhkan beasiswa dibanding saya, jadi saya males untuk mengurus beasiswa itu, dan kebetulan kuliah di STAN itu gratis, paling juga biaya untuk jas almamater semuanya ga nyampe 1 juta.
-Ketujuh, saya diterima di STAN Prodip 1 Pajak Cimahi, Puji Tuhan. Tuhan tau kebutuhan saya, Dia tau kalo kondisi keuangan yang tidak memungkinkan untuk saya hidup di Bintaro (Kampus STAN Ali Wardhana), sehingga Dia hanya meluluskan saya di STAN Cimahi, sungguh luar biasa kuasaNya.

     Masih banyak lagi sebenarnya, apa yang menjadi pertanda saya bisa kuliah di STAN, bukan maksud saya menyombongkan diri, tetapi saya ingin menunjukkan bahwa Tuhan memberi yang terbaik buat saya sesuai dengan kebutuhan walaupun tidak sesuai dengan keinginan saya. Coba bayangkan apabila saya masuk SMAN 2 Cimahi? Saya tidak akan kuliah di STAN. Ya, walaupun jalan sukses bukan cuma dari STAN, tapi sekali lagi saya tau bahwa STAN adalah tempat terbaik yang ingin Tuhan berikan pada saya bukan karena saya bisa, bukan karena saya sanggup untuk masuk STAN, semuanya cuma karena kemurahan Tuhan dan rencana Tuhan yang sungguh dahsyat. Terima Kasih Tuhan, Engkau beri yang terbaik buat diriku.



4 comments:

Obat Diet Alami Tanpa Efek Samping mengatakan...

nice and perfect

Obat Tradisional Keputihan paling Ampuh mengatakan...

keren abis

Adi Sentosa mengatakan...

Luar biasa perjuangannya, menginspirasi, terus andalkan campur tangan Tuhan. semoga prestasi-prestasi dari siswa Cimahi terus meningkat, terutama makin banyak yang lolos ke ITB, UNPAD dan PTN terbaik lainnya

Salam,



Les Privat Cimahi
Les Privat Persiapan UNBK
Les Privat Persiapan SBMPTN

Anonim mengatakan...

Mantap maseh

Posting Komentar


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews