Seputar ASP.NET

Pengertian ASP.NET

     ASP.NET merupakan platform pembuatan aplikasi web yang menyatu dengan .NET Framework serta menyediakan fasilitas-fasilitas bagi developer untuk membangun aplikasi web untuk level enterprise. ASP.NET dikompilasi dan berbasis .NET Framework sehingga dapat membuat aplikasi dalam berbagai macam bahasa yang mendukung .NET (kompatibel dengan .NET), termasuk Visual Basic .NET, Jscript .NET.
 
     ASP.NET didesain supaya dapat bekerja dengan WYSIWYG HTML editor dan tool pemrograman lain termasuk Microsoft Visual Studio .NET. Hal ini dapat membuat pembuatan aplikasi web lebih mudah, tetapi juga membuat berbagai fasilitas yang ada pada tool tersebut dapat digunakan, termasuk GUI (Graphical User Interface) dimana developer dapat men-drag and drop server kontrol ke halaman web dan menggunakan fasilitas debugging yang ada. 

Struktur ASP.NET
Struktur halaman ASP .NET adalah berbentuk seperti berikut ini :
<%@ page language = “vb” %>
<script runat="“server”">
… kode VB .NET
</script>
… kode HTML
<% … kode VB .NET %>
… kode HTML

Kelebihan:

  •  ASP.NET merupakan managed code, dan berjalan pada semacam virtual machine dari Microsoft yang disebut Common Language Runtime (CLR).
  • ASP.NET merupakan compiled code menjadi IL (Intermediate Language) yaitu bahasa yang dikenali oleh CLR.
  • ASP.NET dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang mendukung .NET Framework
  •  ASP.NET memiliki arsitektur web forms yang mempercepat development terlebih integrasi dan dukungan tools Visual Studio .NET yang sangat bagus sehingga pembuatan aplikasi web ASP.NET menggunakan VS.NET sangat efisien dan mempercepat waktu pembuatan aplikasi.
Kekurangan:
  • ASP.NET tidak dapat berjalan di platform non-microsoft sehingga tidak bisa gratis.
  • Project ASP.NET jarang diopensource kan sehingga kita akan kesulitan mencari komponen, library atau project gratis.

2 comments:

Unknown mengatakan...

thanks infonya.. bermanfaat ni buat ane.. mampir juga yuk ke blog saya, saya pernah menulis tentang asp.net dan lainnya..itung2 tuker ilmu :) ini link nya
http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/nethosting/

salisberrypagac mengatakan...

Mather's Habanero, Titanium Moulding Point, Milling
Mather's trex titanium headphones is womens titanium wedding bands a popular hot sauce made nano titanium babyliss pro in North Carolina. It is made in our signature Habanero style and is made titanium sponge in the same locale. Made titanium coating with

Posting Komentar


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews